Sunday, May 20, 2012

Berasuransi Diusia Muda

Pernahkah terbayang oleh anda untuk melakukan investasi pada saat usia produktif anda? Kenyataannya banyak diantara karyawan atau eksekutif muda yang berpikir panjang atau menampik kesempatan untuk memulai investasi pada saat mereka memulai berkarir.

Sebagian besar perusahaan di Indonesia saat ini hanya memberikan gaji besar dengan tunjangan kesejahteraan menjadi satu dalam gaji yang mereka terima diakhir bulan. Perhitungan gaji mereka adalah gaji pokok bruto, yang didalamnya sudah termasuk tunjangan transport, tunjangan makan, tunjangan kemahalan, tunjangan kepemilikan kendaraan bermotor, tunjangan kepemilikan rumah dan lain sebagainya sebelum dipotong pajak penghasilan PPh 21. Kenapa demikian, karena secara administrasi dan perhitungannya menjadi lebih mudah ketimbang memisahkan antara gaji pokok dengan komponen - komponen tunjangan tersebut. Apa akibatnya, kebanyakan dari karyawan sangat sedikit sekali pandai dalam mengatur keuangan mereka dan tidak menyadari bahwa mereka harus menyisihkan dan mengatur pos - pos untuk transport dan makan selama sebulan, untuk pemilikan rumah dan kendaraan bermotor dan untuk jaminan hari tuanya.

Dengan berasuransi diusia mudah terdapat banyak keuntungannya ketimbang mulai berasuransi pada saat usia yang sudah mulai menurun produktifitasnya. Saat ini dengan adanya unit link maka berasuransi tidak hanya mendapatkan proteksi tapi juga sekaligus berinvestasi. Beberapa keuntungan berinvestasi diusia muda atau produktif diantaranya sebagai berikut:
  1. Kesempatan untuk berkembang lebih besar. Pada umumnya sebagai fresh graduate, posisi yang kita dapatkan di perusahaan - perusahaan dimulai dengan posisi menengah kebawah. Jika kita mulai berangkat untuk berinvestasi dengan penghasilan yang kita dapatkan dimasa ini maka jika dimana karir seharusnya menjadi lebih baik kedepannya, maka bukanlah suatu hal yang susah untuk mengembangkan nilai investasi yang sudah kita mulai diawal dan kita akan lebih menghargai nilai investasi yang telah kita tanam sebelumnya dengan terus meningkatkan nilainya dan mengaturnya dengan lebih baik dan pandai. Karir diatas usia 35 akan lebih lambat ketimbang diusia 22 tahun misalnya, karena itulah masa - masa tersebut sering disebut masa - masa emas.
  2. Rentang waktu yang ada, jika diberikan umur yang panjang oleh Tuhan maka dengan memulai berinvestasi diusia muda akan jauh lebih berkesempatan untuk menanamkan dan mendapatkan hasil investasi yang lebih besar. Hampir mirip halnya dengan menabung, hanya saja berinvestasi dengan asuransi akan mendapatkan nilai tambah lainnya selain menabung.
  3. Resiko akan lebih kecil. Diusia yang muda memiliki kecendrungan tingkat kematian atau menderita penyakit akut yang lebih rendah dengan usia diatasnya. Kecendrungan ini juga akan mendukung rentang waktu yang tersedia untuk berinvestasi.
  4. Setelah menikah maka pengeluaran untuk biaya hidup yang harus kita keluarkan akan lebih bertambah, hal inilah yang sering menyebabkan berinvestasi diusia setelah menikah akan menjadi lebih sulit kelihatannya ketimbah pada saat masih lajang.
  5. Peningkatan nilai investasi yang signifikan. Saya pernah menulis diblog ini bahwa perbandingan dana pensiun yang kita terima dibanding nilai investasi melalui asuransi akan sangat jauh sekali selisih nilainya. Usia 55 tahun dengan dana pensiun yang sudah di-deduct dari gaji kita pada saat kita berusia 22 tahun akan tampak kesenjangannya jika kita sudah memulai berinvestasi dengan unit link diusia yang sama dan melakukan reedem pada usia 55 tahun. Kenapa demikian, karena nilai persentasi jaminan hari tua selalu flat walaupun faktor pengalinya yaitu gaji pokok akan terus meningkat pada umumnya, walaupun banyak dari kita yang sadar bahwa kenaikan gaji lebih sering sebagai penyelaras nilai inflasi yang juga ikut meningkat dari tahun ketahub sedangkan nilai investasi unit link tidak flat dan bisa dilakukan top-up secara berkala atau sekaligus.
Semoga artikel sederhana dan singkat ini dapat membuka pandangan dan menjadi inspirasi bagi pembaca kenapa sebaiknya melakukan investasi diusia muda atau produktif.
Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for berasuransi. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!