Monday, November 5, 2012

Langkah - langkah Menghadapi Komplain Klien Asuransi

Berikut adalah beberapa langkah - langkah atau aturan yang perlu diambil dan diikuti dalam menyikapi komplain dari klien asuransi.

  1. Dengarkan klien pada saat mereka komplain, jangan pernah menyela pembicaraan pada saat klien komplain.
  2. Mintalah waktu untuk mengeluarkan buku catatan dan alat tulis, pada saat klien komplain. Catat apa yang disampaikan, untuk menghindari:
    1. Informasi yang disampaikan oleh klien berubah - ubah.
    2. Informasi yang terlewat pada saat klien melakukan komplain.
    3. Pertanyaan yang membuat klien marah, karena klien merasa sudah menyampaikan informasi yang agen tanyakan.
  3. Pada saat klien mengajukan komplain, biasanya mereka mengambil sikap yang agresif sehingga sering informasi yang disampaikan tidak terarah dan penuh emosi. Jika informasi yang agen terima seperti itu, mintalah dengan hati - hati agar klien menjelaskan kronologisnya.
  4. Setelah semua keluhan diterima dengan baik dan dapat dimengerti, minta klien untuk mengambil polis dan ilustrasi yang pernah dibuatkan untuknya. Jelaskan berdasarkan informasi yang ada di polis, sehingga informasi yang disampaikan bukan hasil rekaan yang punya kemungkinan informasinya tidak benar.
  5. Jika permasalahan tidak bisa mencapai titik temu, padahal sudah dijelaskan dengan lengkap dan benar. Ajak dengan baik - baik agar klien datang ke kantor besama - sama untuk bertemu dengan customer service atau leader Anda.
Hal - hal yang perlu dihindari dalam menghadapi klien yang mengajukan keluhan, sebagai berikut:
  1. Hindari tempat umum. Ajak klien untuk membicarakannya bukan ditempat umum seperti di masjid, pasar, sekolah atau media sosial seperti Facebook atau Twitter atau ditempat uang banyak lalu lintas orang. Terlebih jika sedang bersama prospek.
  2. Hindari pembicaraan melalui telepon, chat, SMS, atau BBM. Mintalah waktunya untuk bertemu.
  3. Hindari menyela pembicaraan klien, pada saat klien mengeluh.
  4. Hindari memberikan janji apapun yang diluar kemampuan Anda.
  5. Usahakan terus melakukan eye contact dengan baik walaupun sedang mencatat isi keluhannya, jangan pernah untuk membalas sapa orang lain jika ada orang lain yang menyapa.
  6. Berikan penjelasan dan solusi sesuai dengan isi yang ada di polis. Jangan mereka - reka atau berasumsi.
  7. Jangan pernah terpancing untuk marah, karena masalah yang mereka sampaikan bukanlah bersifat pribadi, jadilah agen yang profesional.
  8. Mintalah waktu, jika Anda tidak dapat menemukan solusinya, Bertanyalah kepada customer service atau leader Anda.
  9. Selalu akhiri dengan permintaan maaf, jika ada kesalahpahaman atau informasi yang disampaikan selama ini tidak benar atau kurang lengkap. Jangan mengakhiri dengan menggantung keadaan, sehingga klien menjadi seperti diombang ambing atau ditinggalkan tanpa kejelasan, yang mungkin akan memperburuk keadaan.
Semoga bermanfaat.
Pin It!

2 comments:

  1. Berikut ini saya mao memberikan TIPS , SARAN, dan MANFAAT sebelum membeli asuransi.

    Mungkin dulu orang masih tabuh dan bingung apa si itu asuransi!! buat apa si kita harus ada asuransi!! apakah harus ada asuransi????

    seiring berkembang nya zaman orang sudah memiliki pemikiran bahwa asuransi bukan harus di beli ataupun tidak , sekarang orang2 sudah [B]"WAJIB"[/B] untuk memiliki asuransi, bukan hanya jiwa yang di asuransi, banyak dari kita bahkan mengasuransikan RUMAH,MOBIL,MOTOR,dsb.. sSemakin banyak orang mulai berpikir untuk membeli polish asuransi maka berkembanglah banyka perusahaan asuransi di INDONESIA, malah berjamur yaaaa.....:ngakak

    Maka dari itu kita bukan harus atau tidak lagi, melainkan WAJIB memilikinya..

    nah...banyak rumorrr di luar sana..ah asuransi suka ngomong didepan DOANK!!!!!!! :repost

    habis kita nabung di asuransi , pas sakit mao [B]CLAIM[/B] SUSAHHHHHHHHHHHH NYA SETENGAH MATIIIIII!!! kyk ngemis2 buat CLAIM!!!



    Memang sebenarnya kesalahan sendiri bukan dari Perusahaan Asuransi nya.,karena setiap perusahaan aasuransi tidak mungkin menipu nasabah , karena mereka sendiri sudah ada peraturan yang berlaku dari pemerintah. Kesalahan bisa terjadi dari agent dan nasabah sendiri.

    Pasti dari kalian banyak yang berpikir..

    [B]LOHHHHHHHH!!!! KOQ NASABAH YANG DISALAHKAN!!![/B] :sorry



    Berikut ini saya berikan alasannya kenapa CLAIM di TOLAK :

    1.agent tidak mengisi data dengan jujur dan atau tidak menginformasikan data nasabah dengan jujur , lengkap dan benar.
    2.agent tidak menjelaskan produk yang benar dan jelas kepada nasabah.
    3.agent tidak ada upaya membantu claim nasabah, maupun membantu mengurus data2 yang di perlukan


    itu kalau dari pihak agent, tapi tidak menutup kemungkinan kalau nasabah sendiri tidak melakukan kesalahan..

    seperti awal dari membeli polish , mereka tidak mencari informasi dengan lengkap dan jelas. adapula yang menutupi segala jenis penyakit yang dideritanya.dengan berharap akan mendapat uang claim setelah mereka membeli polish.

    MAKA AKAN BAIKNYA SEBELUM MEMBELI POLISH. NASABAH HARUS MENGETAUI DULU APA KEPERLUAN DAN KEPENTINGAN DARI KEBUTUHAN MREKA, MENCARI INFORMASI SELENGKAP2NYA DAN BERTANYA YANG JELAS KEPADA AGENT MAUPUN KERABAT SAUDARA YANG SUDAH MEMPUNYAI POLISH. DAN DI HARAPKAN SALING JUJUR DALAM MENGISI DATA PRIBADI NASABAH. Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat dan tidak ada yang di rugikan di kemudian hari. Terima Kasih.

    Agent Prudential
    Hermanto Chan
    BB : 2921DCCC
    HP : 081287972023
    YM: hermanto_office@yahoo.com
    FB : hermanto.candra.1@facebook.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koreksi redaksional, penulisan polish seharusnya polis saja atau policy. Penyebab klaim asuransi ditolak bisa dilihat pada postingan saya sebelumny disini http://berasuransi.blogspot.com/2012/10/penyebab-pengajuan-klaim-asuransi.html

      Salam sukses!

      Delete

Thank you to leave a comment for berasuransi. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!