Sunday, May 5, 2013

Asuransi Itu Gak Ribet


Kata siapa ikut asuransi itu ribet? Mulai dari pendaftaran kepesertaan, proses upgrade, proses topup, proses klaim, proses penarikan bahkan pada saat proses penutupan polis tidaklah seperti yang Anda bayangkan atau dengar.

Anda Punya Agen

Anda punya agen yang dari awal sudah bekerja dengan Anda sebagai konsultan keuangan, agen dapat membantu menghitung berapa besar uang Anda yang bisa Anda investasikan. Mereka dapat menghitung berapa besar future income dan potential protection yang dapat digunakan untuk investasi.

Agen juga dapat memberikan advise akan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa produk yang khusus untuk tipe profesi prospek bahkan rentang usia, jenis kelamin, prioritas alokasi dana sesuai dengan tujuan asuransi dari prospek. Agen secara tidak langsung bertindak sebagai konsultan keuangan pribadi Anda secara cuma - cuma. Mereka akan memberikan hitungan tidak saja menguntungkan Anda saat dalam masa pertanggungan tapi juga pada saat nanti Anda mengakhiri polis. Mereka akan menyarankan kepada Anda kapan waktu yang tepat untuk melakukan upgrade atau top up, jenis fund manager yang cocok untuk Anda.

Agen akan membantu Anda setiap terjadi proses - proses tersebut, seperti proses perubahan data, proses medical check-up, proses upgrade, proses topup, proses klaim, proses penarikan dan proses penutupan polis.

Proses Pendaftaran Kepesertaan Asuransi

Pada dasarnya proses pendaftaran sangat mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan mempersiapkan data pendukung yang dibutuhkan. 

Untuk asuransi orang dewasa hanya cukup dengan melampirkan fotokopi kartu identitas resmi yang masih berlaku seperti KTP, SIM atau KITAS bagi warga negara asing dan fotokopi lembar informasi rekening dari buku tabungan atau fotokopi kartu kredit.

Sedangkan untuk anak - anak umumnya hanya membutuhkan lampiran fotokopi Akte Kelahiran Anak, kartu identitas resmi yang masih berlaku Pemegang Polis (Orang Tuanya), buku imunisasi atau buku perkembangan kesehatan anak dari rumah sakit dan fotokopi lembar informasi rekening dari buku tabungan atau fotokopi kartu kredit.

Untuk kepesertaan Badan Usaha umumnya akan membutuhkan lampiran fotokopi:
  1. Akta Pendirian dan/atau Anggaran Dasar dan perubahannya
  2. Akta Notaris mengenai susunan Anggota Direksi dan Komisaris yang terbaru
  3. SK persetujuan pendirian PT/Yayasan dari Menteri Hukum dan HAM
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama Badan Usaha
  5. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP)/Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU) yang masih berlaku
  6. Surat Ijin Usaha (SIU) yang masih berlaku dari instansi yang berwenang
  7. Fotokopi Laporan Keuangan Terkini/Terakhir (Neraca dan Laporan Laba/Rugi)
  8. Fotokopi KTP/SIM/Paspor, KIMS/KITAS/KITAP (untuk WNA) untuk Wakil Calon Pemegang Polis (Direktur Utama/Ketua Pengurus/Pimpinan Utama)
  9. Surat Kuasa tertanggal maksimal 3 (tiga) bulan sebelum tanggal penandatanganan formulir pendaftaran, spesimen tanda tangan serta Nama Pemberi Kuasa dan Penerima Kuasa yang ditunjuk dan berwenang mempunyai wewenang bertindak untuk dan atas nama Badan Usaha dalam hal mengurus semua keperluan yang terkait proses 

Terkecuali ada kondisi khusus yang membutuhkan informasi tambahan seperti calon prospek yang pernah hangus polisnya, memiliki rekam medis penyakit kritis atau nilai uang pertanggungan yang besar, akan membutuhkan beberapa tahapan untuk kepesertaan seperti mengisi kuesioner atau mengikuti medical check-up.

Proses Pembayaran Premi

Dalam pembayaran premi, sudah banyak perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan bank - bank yang beroperasional secara nasional untuk mempermudah Anda membayar premi asuransi. Pada umumnya fasilitas perbankan yang membantu dalam proses pembayaran premi terdiri dari:
  1. Auto Debet. Pembayaran uang premi akan didebet secara berkala dari rekening yang sudah Anda kuasakan kepada perusahaan asuransi.
  2. Kartu Kredit. Pembayaran uang premi akan didebet secara berkala dari kartu kredit VISA/MasterCard/BCA Card, yang sudah Anda kuasakan kepada perusahaan asuransi.
  3. ATM. Banyak bank yang sudah menyediakan fitur pembayaran melalui mesin ATM. Anda langsung dapat membayar setoran premi, hanya dengan memasukkan nomor polis dan jumlah setoran premi dengan menu pilihan yang mudah diikuti.
  4. Internet Banking. Sama seperti ATM namun lebih mudah, Anda bisa langsung membayar premi melalui komputer yang terhubung dengan internet.
  5. Tansfer Bank. Anda dapat melakukan setoran premi melalui layanan transfer bank dengan mencantumkan nomor rekening dari perusahaan asuransi tersebut ditambah informasi nomor polis dan jumlah premi yang akan dibayarkan.
Jika Anda tidak memiliki kartu kredit atau rekening bank, Anda tetap bisa memiliki asuransi dengan melakukan setoran tunai ke bank yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi.

Beberapa agen juga bersedia untuk menjemput uang Anda untuk pembayaran premi, namun dengan alasan keamanan sebaiknya Anda tidak membayar premi melalui agen karena resiko cukup tinggi pada saat agen menerima uang Anda sampai disetorkan ke perusahaan asuransi. Saya yakin agen asuransi memiliki itikad dan attitude yang baik dengan menjaga hubungan yang baik klien mereka dan tidak berkeberatan untuk membantu Anda dalam membayar premi, namun jika terjadi faktor eksternal yang tidak dapat dikontrol oleh para agen seperti kecelakaan lalu lintas, sakit atau lupa akan dapat menyebabkan pembayaran uang premi Anda menjadi tertunda atau malah tidak terbayarkan. Sebagian bersar perusahaan asuransi yang baik tidak menyediakan tanda terima resmi untuk menerima pembayaran tunai premi asuransi melalui para agen.


Proses Perubahan Data/Polis

Selama berjalannya waktu, tentu terdapat kemungkinan terjadinya perubahan data seperti perubahan data pribadi misalnya perubahan alamat, nomor telepon, para penerima manfaat dan status perkawinan, perubahan merokok atau berhenti merokok serta perubahan besarnya uang premi. Agen akan membantu  Anda pada saat mengisikan form, melampirkan dokumen pendukung dan mengajukannya ke perusahaan.

Proses Klaim

Pada saat Anda atau tertanggung mengalami kerugian seperti sakit kritis, masuk rumah sakit, agen juga akan membantu Anda mulai dari proses pencarian rumah sakit rekanan, proses pendaftaran dan proses klaim.

Proses Penarikan Dana

Pada saat Anda menarik dana untuk kebutuhan asuransi pendidikan, perusahaan dan agen akan membantu proses penarikan dana Anda untuk menerima manfaat tersebut.

Proses Penutupan Polis

Jika Agen telah menjelaskan apa - apa saja manfaat yang akan Anda terima dan apa - apa saja manfaat yang tidak lagi berlaku sejk penutupan polis atau menjelaskan apakah Anda melakukan penutupan diwaktu yang tepat atau menyarankan Anda untuk menangguhkan penutupan demi keuntungan yang didapat atau proteksi yang maksimal, para Agen juga akan membantu membawa Anda melewati proses penutupan ini.

Bagaimana Jika Agen Anda Sudah Tidak Ada?

Pada perusahaan asuransi besar atau yang memiliki reputasi baik dan professional, Anda sebagai klien akan diinformasikan bahwa agen Anda sudah tidak aktif secara tertulis karena suatu alasan tertentu seperti mengundurkan diri, meninggal atau alasan penonaktifan lainnya. Perusahaan asuransi akan mengganti agen Anda dengan Leader Agen, Agen pengganti tersebut akan bertindak sebagai agen Anda yang baru dalam memberikan pelayanan. 

Jika dalam situasi yang tidak memungkinkan Anda tetap dapat menghubungi kantor agensi atau layanan customer service perusahaan asuransi tersebut untuk mendapatkan bantuan.

Kalau seperti penjelasan diatas tentu Anda tidak akan berpikir bahwa berasuransi itu tidak ribet (repot). Kenapa Anda menunda berasuransi, kalau berasuransi itu mudah dan praktis? Jangan terlambat dan jangan sampai ada yang tanya "Kemana saja Anda 10 tahun yang lalu?"
Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for berasuransi. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!