Sunday, July 20, 2014

Teknik Tai Chi dan Penjualan

Tai Chi Chuan (Taijiquan) is an ancient Chinese "internal" or "soft" martial art often practiced for its health-giving and spiritual benefits; it is non-competitive, gentle, and generally slow-paced. [1] Contrary to the Western concept of "no pain, no gain" one hour of tai chi actually burns more calories than surfing and nearly as many as downhill skiing, so it's definitely a veritable workout. [2] But that's just one of the many benefits! By increasing strength, flexibility, body awareness and mental concentration, tai chi can improve your health, too.

Sumber: Wikihow

Yang paling berbeda dalam jurus - jurus yang ada pada seni beladiri asal Tiongkok ini dibandingkan seni beladiri lainnya adalah:
1. Gerak yang pelan dan tenang, serta
2. Penggunaan tenaga lawan untuk menyerang balik lawan.

Artikel kali ini bukan tentang bagaimana jurus - jurus itu dimainkan tapi bagaimana menggunakan teknik dan filosofi Tai Chi dalam hubungannya menjual suatu produk dan jasa.

Seperti yang umum dan lazim digunakan dalam menjual adalah aktif, penjual akan banyak melakukan serangan - serangan yang sifatnya represif kepada prospek. Tidak ada yang salah dengan teknik itu, tapi terkadang dalam menghadapi prospek yang beragam sifat dan latarbelakangnya kita tidak melulu harus represif, bisa - bisa prospek malah akan kabur, defensif atau malah antipati dengan pendekatan yang sedang kita lakukan.

Belajar dari para penjual - penjual yang sukses mereka malah sering "closing" hanya dengan mendengarkan keinginan dan harapan serta kebutuhan si prospek.

Kita menggunakan jurus Tai Chi ketika sedang mendengarkan mereka dan dengan bersamaan kita menangkap kebutuhannya atau titik lemah dari keberatan prospek terhadap produk atau jasa yang kita akan tawarkan dan diikuti dengan solusi dari poin - poin yang telah prospek sampaikan.

Contohnya pada saat prospek menyatakan keberatannya terhadap proses klaim asuransi yang sepengetahuan mereka sulit dan sering tidak ada realisasinya. Setelah informasi keberatan yang mereka terima kita bisa langsung menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat menggunakan data - data aktual dan informasi - informasi seputar penolakan klaim yang prospek sampaikan.

Dengan cara seperti itu besar kemungkinan prospek merasa mendapat suatu informasi baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui secara detail. Prospek akan bungkam atau bisa menggunakan alasan lainnya yang mereka ketahui dalam melakukan penolakan. Kita sebagai tenaga penjual tinggal mengulangi jurus - jurus Tai Chi yang sama terhadap semua penolakan atau keberatan atau informasi yang salah dan mengakhirinya dengan suatu serangan balik berupa solusi yang dapat menjawab langsung ke inti permasalahan.

Alhasil jika teknik Tai Chi yang kita lakukan selalu telak, bisa jadi prospek akan langsung Totally Knock-out.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for berasuransi. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!