Sunday, October 28, 2012

Berinvestasi Ditempat Yang Tepat


Gambar yang ada diatas bukan iklan oleh Google tapi gambar itu sengaja di-insert kedalam blog ini untuk membandingkan harga minuman mineral yang mereknya sama tapi berada dilokasi yang berbeda. Menurut pengalaman Anda, botol minuman yang sebelah mana yang lebih mahal? Benar yang sebelah kanan. Kenapa mahal? Jawabnya akan sangat beragam, namun secara keseluruhan dapat disimpulkan yaitu dikarenakan berbedanya tempat.

Menabung di celengan ayam dan menabung di Bank tentu berbeda, kita tidak mendapatkan bunga dan membutuhkan ruangan yang cukup besar untuk menyimpang uang di celengan ayam, sedangkan menabung di Bank akan relatif lebih aman, ada bunga bank di bank konvensional atau bagi hasil di bank syariah, pencatatan yang rapih, tidak makan tempat, relatif lebih aman, fasilitas yang mempermudah dalam bertransaksi dan lain sebagainya.

Dengan menabung di Bank, maka kita telah pintar ketimbang penabung celengan ayam karena lebih untung dan mendapatkan segala kemudahan perbankan. Dalam berinvestasipun kita harus juga lebih pintar dalam memilih tempat untuk mendapatkan:
  1. Keuntungan yang paling baik.
  2. Pelayanan yang terbaik.
  3. Pencairan yang paling mudah.
  4. Keamanan yang tinggi.

Ada banyak cara dalam berinvestasi diantara investasi jangka panjang yang paling populer adalah sbb:

Emas


Harga emas memang selalu memiliki trend yang baik, harga terus meningkat, namun kita perlu uang yang tidak sedikit untuk berinvestasi emas, perlu menyediakan tempat penyimpanan seperti safe deposit box dan likuiditasnya relatif cepat. Belilah emas batangan daripada emas yang sudah menjadi perhiasan.

Tanah


Investasi lainnya adalah tanah, harga tanah akan terus naik dari tahun ke tahun, terlebih jika lokasi tanah tersebut menjadi strategis. Harga tanah akan terus berlipat. Namun likuiditasnya lebih lambat, butuh waktu untuk menjual tanah, untuk menjamin kepemilikan diwajibkan untuk dibuatkan sertifikat dan untuk menjaganya dengan membuatkan pagar atau seseorang untuk merawatnya.

Saham


Kepemilikan saham minimal sebanyak 500 lembar atau 1 lot. Dengan berinvestasi menggunakan saham, para investor pada umumnya akan mendapatkan peningkatan nilai modal dari nilai yang sudah diinvestasikan dengan menjualnya diharga tertinggi dan mendapatkan deviden. Tingkat likuiditasnya relatif cepat dan dibutuhkan kecermatan dalam berinvestasi saham seperti mampu mengikuti trend dan terus mendapatkan update mengenai harga saham dipasar bursa efek. Jika ingin berinvestasi saham, pilihlah perusahaan yang memiliki kekuatan fundamental komoditi seperti perusahaan yang bergerak dibidang FMCG, Otomotif, Perkebunan, Peternakan dan Pertambangan (walaupun perusahaan mining berhadapan dengan sumber daya yang akan habis suatu saat, namun banyak perusahaan pertambangan yang mengembangkan bisnisnya pada energi yang terbarukan. Hindari menanamkan saham untuk perusahaan finansial terutama bank, karena seperti contoh krisis ekonomi Eropa baru - baru ini, yang paling dahulu dan rentan terhadap krisis adalah sektor perbankan. Selain itu jika kita memiliki kemampuan modal yang tersedia terbilang besar dan ingin lebih aman serta mendapatkan keuntungan yang besar, pilihlah perusahaan yang masuk dalam kelompok blue chip stocks dan income stocks.


Asuransi

Investasi di asuransi melalui produk unit link (proteksi + investasi), memberikan banyak keuntungan dan mudah diakses oleh siapa saja. Berikut kelebihan dengan berinvestasi unit link:
  1. Nilai premi relatif murah. Harga premi mulai dari Rp. 150.000 per bulan, namun untuk nilai investasi yang lebih baik sangat disarankan untuk membayarkan premi Rp. 350.000 per bulan. Artinya adalah investasi di unit link relatif murah sehingga dapat diikuti oleh siapa saja.
  2. Keuntungan ganda, polis unit link adalah satu - satunya cara berinvestasi dengan mendapatkan nilai tambah berupa manfaat proteksi (asuransi) yang terdiri dari Jaminan Kematian, Jaminan Catat Total & Tetap (Cacat Permanen), Jaminan Kecelakaan, Tunjangan dan Jaminan Kesehatan, Jaminan Premi (Proteksi Penghasilan), Jaminan Sakit Kritis dan Jaminan Krisis Income, yang jika terjadi klaim tidak akan mengambil dari manfaat investasi.
  3. Bebas pajak, nilai investasi yang diterima oleh pemegang polis tidak dikenakan pajak sesuai dengan Undan - undang No. 10 Tahun 1994, tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983. Tentang Pajak Penghasilan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1991, pasal 4, ayat 3 butir e dan g yang masing - masing berbunyi Yang tidak termasuk sebagai Obyek Pajak adalah : e. pembayaran dari perusahaan asuransi kepada orang pribadi sehubungan dengan asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi dwiguna, dan asuransi bea siswa; g. iuran yang diterima atau diperoleh dana pensiun yang pendiriannya telah disahkan Menteri Keuangan, baik yang dibayar oleh pemberi kerja maupun pegawai, dan penghasilan dari modal yang ditanamkan dalam bidang-bidang tertentu yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan. Yang diperbaharui di Undang - undang No. 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan, pasal 3 ayat 3 butir e dan g. Kebijakan ini diambil oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung iklim investasi khususnya asuransi.
  4. Tingkat likuiditas yang cepat, hanya membutuhkan waktu 3 - 7 hari kerja untuk mencairkan dana investasi yang telah terkumpul.
  5. Aman. Seperti harnya emas, tanah dan saham, asuransi unit link juga mengkonversi nilai investasi dalam bentuk nilai tunai. Emas dikonversikan dalam bentuk gram, tanah dalam bentuk tanah itu sendiri dan saham dalam bentuk lot. Cara ini membuat nilai investasi yang kita miliki tidak akan rugi, karena dapat ditarik atau ditutup jika nilai tunai sedang tinggi atau menahan penutupan atau penarikan pada saat nilai tunai rendah.
Pilihlah unit link syariah, karena keuntungan yang didapat sebesar 52% dari keuntungan perusahaan jika selama masa kepesertaan tidak pernah melakukan klaim, sistem bagi hasil yang lebih aman karena investasi dari dana yang dimiliki dipergunakan dalam sektor - sektor bisnis yang jauh dari sistem perbankan (yang terbukti tidak stabil dan rentan terhadap krisis keuangan yang disebabkan oleh tingka ROI yang lambat dan likuiditas yang rendah), bukan untuk membiayai bidang usaha yang memiliki low risk dan spekulatif (seperti perjudian).

Dengan mengetahui tempat - tempat yang tepat inilah, maka nilai investasi yang kita miliki memiliki nilai dan dapat berkembang dengan lebih baik dan lebih menguntungkan.

Semoga bermanfaat.

Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for berasuransi. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!