Friday, November 2, 2012

Asuransi Bukan Hanya Untuk Yang Bergaji Tinggi

Sesuai dengan judulnya, saya mau konsentrasi kepada personal yang menurut mereka memiliki gaji kecil. Sebenarnya gaji kecil dan bersar itu relatif, karena tergantung dengan besarnya pengeluaran yang sangat dipengaruhi dengan gaya hidup masing - masing orang.

Dalam personal financial hanya ada 2 cara untuk menjadi kaya, yaitu:
  1. Memilik pendapatan yang besar.
  2. Pandai mengatur keuangan.
Secara matematika, orang yang berpendapatan besar yang dalam konteks ini saya sebut memiliki gaji besar tentu seharusnya lebih kaya ketimbang orang yang bergaji lebih kecil karena mereka memiliki kemampuan materiil yang lebih, tapi jika orang yang memiliki gaji yang besar ini akan jatuh miskin jika tidak pandai mengatur keuangan, terutama pengeluaran.

Berbeda dengan orang yang bergaji kecil tapi pandai mengatur pengeluarannya. Jika ini dilakukan terus menerus secara konsisten, maka orang yang bergaji kecil ini bukan tidak mungkin memiliki kekayaan melebihi orang yang memiliki gaji lebih besar, kecuali orang yang memiliki gaji yang lebih besar tersebut juga pandai mengatur keuangannya.

Mengatur keuangan tidak melulu identik dengan mengatur pengeluaran, untuk tahap beginner memang hanya sebatas mengatur pengeluaran, namun untuk tahap lebih lanjut mengatur keuangan itu juga dapat memiliki arti yang lebih luas seperti mengoptimalkan uang simpanan yang ada.

Bagaimana mengoptimalkan uang simpanan yang ada, cara yang paling mudah adalah dengan menabung, dengan menabung di bank, maka uang akan berkembang dengan adanya bunga atau bagi hasil, namun perlu dipertimbangkan juga dengan nilai pertumbuhan inflasi yang ada, malah kemungkinan menabung di bank bisa jadi tidak menguntungkan. Lebih peka terhadap informasi yang ada terutama dengan pergerakan suku bunga dan kesehatan bank. Cara lain untuk mengoptimalkan uang adalah dengan berbisnis atau self employed atau berbisni dan orang lain yang bekerja untuk kita. Cara ini dapat mengembangkan uang menjadi lebih menguntungkan ketimbang hanya sekedar ditabung karena sifatnya yang berlipat dan memanfaatkan kekuatan jaringan dan komunitas yang ada. Yang terakhir dan yang terbaik saat ini adalah dengan berinvestasi, terutama menginvestasikan uang karena memiliki tingkat likuiditas yang cepat. Sama halnya dengan menabung, berinvestasi uang juga dibutuhkan keterampilan mengikuti perkembangan pasar uang dan moneter. 

Kenapa investasi uang? Karena uang bekerja 24 jam dan 7 hari seminggu. Manusia paling banyak bekerja dalam sehari selama 20 jam dan 4 jam untuk beristirahat. Toko dan pembeli lebih banyak beroperasi dari pagi dini hari sampai tengah malam. Uang tidak pernah tidur, pada saat kita tidur uang terus berkembang dan berputar. Untuk tingkat resiko lower middle dan yang memiliki nilai tambah adalah dengan berinvestasi unit link yang bisa ditemukan dengan berasuransi.

Saat ini banyak sekali perusahaan asuransi yang memfokuskan target pasar lower middle class setelah sebelumnya upper middle class yang menjadi segmen pasar mereka. Kenapa? Karena lower middle class memiliki kuantitas yang besar yang nilainya mampu mengalahkan upper middle class jika digabungkan menjadi satu. Nilai premi yang murah, menyediakan fitur kolektif untuk perkerja kelas bawah dan mengusahakan sistem withdraw yang lebih fleksibel adalah salah satu solusi yang ditawarkan bagi orang yang berpendapatan rendah untuk ikut andil dalam pasar investasi.

Jadi dengan segala kemudahan ini, tidak ada alasan bagi orang yang berpenghasilan kecil untuk tidak ikut berinvestasi karena uang tidak cukup, penghasilan tidak tetap atau tidak ada uang sampingan dan lain - lain, kecuali jika orang tersebut sudah berusaha untuk menurunkan gaya hidupnya tapi tetap tidak memiliki uang lebih yang bisa dicadangkan untuk berinvestasi. Jika benar seperti ini, perlu dikaji ulang apakah upah minimum orang tersebut sudah sesuai dengan program pemerintah. 

Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for berasuransi. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!