Sunday, March 24, 2013

Mari Merubah Cara Kita Menabung

Sebagai bangsa yang tinggal di negara yang berkembang, kita dianjurkan untuk hidup hemat, dan menabung adalah salah satu cara hidup hemat. Kekayaan tidak selalu diukur berdasarkan berapa besar penghasilan yang berhasil kita raih, tetapi juga berapa besar uang yang dapat kita tabung sebagai penunjang masa depan yang lebih baik. Orang yang berpenghasilan besar, belum tentu kaya jika tidak bisa mengatur anggaran belanjanya dan tidak menabung, sedangkan orang yang berpenghasilan pas - pasan memiliki peluang untuk menjadi kaya karena bisa mengatur anggaran belanjanya dan menabung.



Sebagian besar dari kita dalam menabung lebih sering menggunakan dengan rumus:

Income - Expenses = Saving

Maksudnya membelanjakan lebih dulu dari apa yang diterimanya, baru kemudian menabung. Dengan rumus seperti ini, yang menjadi prioritas dalam hidup adalah belanja dan menabung akan menjadi prioritas kedua. Sebagian kecil orang yang bisa disebut dewasa dalam membelanjakan uangnya, tidak akan mengalami masalah dengan rumusan ini, Cara menabung seperti ini tidak salah, karena memang dari kecil kita belajar menabung dengan cara seperti ini, sejak kecil waktu kita dikasih uang jajan, kita  dipesan oleh orang tua kita untuk menyisakan uang jajan yang kita terima untuk ditabung, tapi seringkali uang jajan kita habis semua untuk jajan. Bagi mereka yang masih kesulitan mengatur belanjanya, maka rumusan berikut adalah rumusan yang paling tepat untuk siapapun saat ini.

Income - Saving = Expenses

Mendahulukan menabung dari hasil yang diterimanya dan menyisakan sejumlah uang yang diperkirakan cukup untuk kebutuhan belanja sehari - hari. Dengan rumus ini berarti memprioritaskan menabung ketimbang biaya belanja. Dengan rumusan ini, kemungkinan sisa uang belanja bisa ditabung kembali.

Jika rumus ini telah diterapkan dengan baik dan konsisten, maka tinggal mencari tempat mana yang cocok digunakan untuk menabung yang menguntungkan dan memiliki nilai lebih.

Untuk tingkat yang lebih lanjut dalam mengelola keuangan, rumus diatas bisa berevolusi menjadi seperti gambar berikut ini.


Penghasilan yang diterima disisihkan untuk membangun aset, selebihnya ditabung dan sisanya digunakan untuk kebutuhan hidup sehari - hari, dari aset yang dibangun menghasilkan penghasilan yang bisa ditabung kembali dan dari sisa penghasilan yang digunakan untuk kebutuhan sehari - hari jika masih ada sisanya bisa ditabung kembali. Ada kemungkinan untuk menabung lebih banyak ketimbang rumus yang pertama bukan?


Pin It!

No comments:

Post a Comment

Thank you to leave a comment for berasuransi. We will get back to you as soon as possible. Have a great day!